Rabu, 29 Maret 2017

BOILER DAN SIKLUS KERJA DARI AWAL SAMPAI DIHASILKANNYA ENERGI LISTRIK PADA PEMBANGKIT BAGIAN 3


                             SIKLUS KERJA PEMBANGKIT TENAGA UAP BOILER


Gambar Siklus Kerja Pembangkit

SIKLUS UDARA : 
  1. F.D FAN berfungsi untuk menghembuskan udara bahan bakar kedalam ruang bakar boiler   (barner) tapi sebelum masuk kedalam ruang bakar boiler harus melewati air preheater dan air reheater yang berfungsi untuk memanaskan udara bahan bakar untuk menghilangkan kadar H20 yang terdapat didalam udara menjadi O2 dimana tujuannya adalah nilai pembakaran yang sempurna. Jadi udara yang masuk akan bergesekan dengan sirip – sirip yang terdapat pada air preheater dan air reheater perpindan panas ini pun akan terjadi sehingga udara bahan bakan yang keluar dari air preheater dan air reaheater memiliki temperature cukup panas. Baca artikel Macam Macam Perpindahan Panas Yang Terjadi Pada Boiler Water Tube (Jendela Dunia,  joelrichardsihombing26.blogspot.com).
  2. Stack/chinemy/ Cerobong pembuangan berfungsi untuk membuang hasil pembakaran yang berasal dari dalam ruang bakar boiler yang kemudian akan dialirkan ke air reaheter dan dibuang ke stack/chinemy.

 
Diagram  T-S ( Siklus Rankine)

1.         a-b : air dipompa dari tekanan P2 menjadi P1. Langkah ini adalah kompresi isentropis, dan proses ini terjadi pada pompa air pengisi.
2.         b-c : air bertekanan ini dinaikkan suhunya hingga mencapai titik didih.
3.         c-d : air berubah wujud menjadi uap jenuh. Langkah ini disebut vaporising (penguapan) dengan proses isobar isotermis, terjadi di boiler.
4.         d-e : uap dipanaskan lebih lanjut hingga mencapai suhu kerjanya. Langkah ini terjadi di boiler dengan proses isobar.
5.         e-f : uap melakukan kerja sehingga tekanan dan suhunya turun. Langkah ini adalah ekspansi isentropis, dan terjadi didalam turbin.
6.         f-a : pembuangan panas laten uap sehingga berubah menjadi air kondensat. Langkah ini adalah isobar isotermis, dan terjadi dalam kondensor.

Proses konversi energi pada pembangkit berlangsung melalui 3 tahapan, yaitu:
1.       Energi kimia dalam bahan bakar diubah menjadi energi panas dalam bentuk uap bertekanan dan temperatur tinggi.
2.       Energi panas (uap) diubah menjadi enegi mekanik dalam bentuk putaran.
3.       Energi mekanik diubah menjadi energi listrik.


         

1 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus