Jumat, 24 Maret 2017

Pengolahan Air Untuk Boiler Bagian 2

BOILER

3.      Masalah Yang Disebabkan Oleh Ketidakmurnian Air
Problem Akibat Perubahan pH
         pH timbal sesuai dengan kelarutan asam atau basa dalam air. pH air pengisi ketel harus sesuai dengan batas yang dipersyaratkan pada PLTU. Jika terjadi perubahan pH yang menyebabkan pH terlalu asam atau terlalu basa, akan menyebabkan korosi atau deposit. Cara mengatasi : pH dapat dinaikan dengan penambahan basa dan diturunkan dengan penurunan asam  
         Problem Akibat Bertambahnya Kandungan Silika
Kandungan silika akan membentuk kerak dalam ketel. Sistem air pengisi dan dapat menempel pada sudu turbin sebagai kerak keras. Cara mengatasi : Pengolahan air dengan mengunakan Demeniralizer Plant (Resin Anion ), dilakukan Blow Down pada sistem PLTU
     
        Problem Akibat Bertambahnya Gas Terlarut
        Gas terlarut dapat menyebabkan korosi pada pipa air, pipa penukar panas dan ketel.
        Cara mengatasi : Deaerasi, penambahan hidrazin, amonia dan sodium sulfite.

        Kandungan Problem Akibat Bertambahnya Chlorin
        Kandungan chlorin akan menambah jumlah padatan terlarut dalam air serta akan memacu laju             korosi. 
        Cara mengatasi : Pengolahan air dengan menggunakan Demeniralizer Plant ( Resin Anion ),                                          dilakukan Blow Down pada sistem PLTU

        Problem Akibat Bertambahnya Zat Padat Terlarut
        Zat padat terlarut akan menyebabkan bertambahnya laju pergerakan dan korosi.
       Cara mengatasi : Pengolahan air dengan menggunakan Demeniralizer Plant ( Resin Anion dan                                         Kation ), dilakukan Blow Down pada sistem PLTU.

        Problem Akibat Perubahan Kesadahan
        Kesadahan merupakan pembentukan utama kerak pada penukar kalor, ketel dan seluruh pipa.
        Cara mengatasi : Pengolahan air dengan menggunakan Demeniralizer Plant dan dilakukan                                               injeksi phospat pada siklus PLTU di drum boiler.
        
         Problem kenaikan konduktiitas
         Konduktivitas air akan menambah garam – garam yang terlarut dalam air. Bertambahnya                    konduktivitas akan menyebabkan bertambahnya laju korosi dan penggerakkan. 
         Cara mengatasi : Pengolahan air Demeniralizer dan Blow Down pada sistem PLTU.



  4.    Fungsi dan Prinsip Kerja Peralatan Pengoperasian Air
         Unit Resin Penukar Cation
         Unit penukar cation merupakan bagian dari Demineralizer Plant, yang berfungsi untuk menukar          ion – ion positif ( kation ) dalam air yng masuk melalui unit ini. Sehingga air yang keluar dari              unit ini akan bebas dari ion – ion positif, kecuali ion hydrogen ( H+ ).
Gambar Unit Penukar Kation

          Unit Resin Penukar Anion
         Unit penukar anion merupakan bagian dari Demineralizer Plant, yang berfungsi untuk menukar          ion – ion negatif ( anion ) yang terkandung dalam air yang masuk melalui unit ini. Sehingga air           yang keluar dari unit ini, akan bebas dari ion – ion negatif kecuali ion hidroksil ( OH- ).

Gambar Unit Penukar Anion

        Unit Campuran Cation – Anion ( Mixed Bed Unit )
        Unit mixed bed merupakan suatu unit berisi resin kation dan anion, yang berfungsi untuk                     mengadakan pertukaran ion – ion positif dan negatif yang terkandung dalam air yang masuk               melalui unit ini, sehingga air yang keluar akan bebas dari mineral dan ion positif dan negatif,               kecuali    ion hidrogen dan ion hidroksil.

Gambar Mixed Bed Unit
     •    Bila mixed bed ini ditempatkan setelah unit kation dan anion, maka fungsinya sebagai             backing ( pelindung ) kalau ada kelolosan ion positif atau negatif dari unit sebelumnya.
     •   Bila mixed bed berdiri sendiri, maka fungsinya sebagai unit utama penukar kation dan anion.

       Desalination
       Fungsi desalination adalah mengolah air laut menjadi air tawar ( water destilate / water product ) 
      dengan proses penguapan dan destilasi. Mula – mula air laut masuk kedalam ruang penguap (             stage evaporator ) melalui tube – tube sebagai kondensor, kemudian melalui Brine Heater untuk         dipanaskan oleh steam, lalu masuk ke dalam ruang penguap lagi untuk diuapkan dengan bantuan         vacum, dan terkondensasi menjadi air destilate. Lihat gambar flow diagram Deslination Plant.

      Macam – Macam Saringan Yang Digunakan Pada Sistem Pengolahan Air
 Macam – macam filter dan gunanya :
 a.  Sand filter ( Saringan pasir / koral ) 
     Gunanya untuk menyaring partikel – partikel zat padat / suspensi yang terdapat dalam air,                    sehingga air yang masuk ke unit penukar ion sudah jernih.
2.                  
                 b.   Carbon filter / anthracite filter ( saringan carbon )
Gunanya untuk menyaring partikel – partikel zat padat dan mengabsorbsi warna   ( zat organik ), sehingga air masuk ke unit penukar ion sudah jernih.

        Fungsi Condensate Polishing
        Adalah untuk memurnikan air kondensat dari partikel – partikel padat dan garam – garam yang           terlarut, sehingga air bebas dari kontiminan padat yang membahayakan material ( boiler, turbin           dll ).

        Pengontrolan Kualitas Air Limbah
       Air limbah dari proses regenerasi demineralizer plant, sebelum dibuang harus dinetralisasi lebih          dahulu, agar tidak mencemari lingkungan. Air limbah dikontrol dengan pH yaitu dengan                      menginjeksikan asam HCl bila pH limbah tinggi atau caustic NaOH bila pH rendah, sampai pH           yang diijinkan 6 – 8.

        Batasan Kualitas Air Pengisi dan Penambah
        Batasan kualitas air tergantung dari tekanan kerja ketel, makin tinggi tekanan kerja ketel makin           ketat batasan / persyaratan kualitas air.

        Batasan dan persyaratan Kualitas Air
        Untuk ketel bertekanan 170 kg / cm2
1.                      Air Penambah :
  • pH                                           =  9,2  -  9,5
  • Conductivity, SC                    =  < 0,3 µ mho / cm
  • Silica                                       =  < 0,02 ppm
  • O²                                            =  < 0,007 ppm

3 komentar:

  1. mantap bro,sukses terus yaaa,,,,kunjungi juga buahsawitpundikaplingkan.blogspot.co.id, Langit,,,,yang ingin tau tentang blower PKS

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok bg kita lanjut lagi, mudahan artikel kita dapat bermanfaat bagi org yang membutuhkannya....^_^ ^_^

      Hapus
  2. BWT - Anti korosi berfungsi untuk menghambat terbentuknya kerak pada boiler sekaligus memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap serangan korosi pada permukaan logam jenis besi dan tembaga maupun logam campuran pada boiler sistem / Hot water jenis resirkulasi . Chemical ini digunakan khusus untuk perawatan boiler.

    Spesifikasi :
    - Bentuk : Cair
    - Kemasan : 30 Liter/pail
    -chemical waste water treatment plant & water treatment plant

    Untuk info lebih lengkap silahkan menghubungi nomer kami.(081310849918)
    terimakasih

    BalasHapus