Senin, 17 April 2017

Komponen - Komponen Utama Boiler Pipa Air Pada PKS bagian 3

Bagian - Bagian Pada Boiler Pipa Air
Gambar Boiler

3. Accesories Tambahan Pada Boiler

    Bagian - bagian accesories tambahan ini merupakan bagian - bagian permintaan tambahan oleh client/owner dalam rangka untuk meningkatkan efisiensi dari kerja boiler tersebut. Dimana dengan penambahan ini dapat mempermudah kerja para pekerja yang berada dilingkungan pabrik dan meningkatkan efisiensi kerja para pekerja untuk menjalankan boiler. Bagian - bagian tambahan tersebut salah satunya adalah pusher (pengorek abu), scraper, air preheater (pemanas udara bahan bakar), shell elevator bahan bakar, conveyor, dan pipa economizer.



a. Pusher (Pengorek Abu)
   Pada umumnya pengorek abu yang digunakan pada pabrik kelapa sawit (PKS) dilakukan secara manual dengan tenaga manusia yang dikerjakan oleh pekerja yang berada dekat ruang bakar boiler (furnace), dimana fungsi dari pengorekan ini adalah untuk membuang penumpukan abu hasil pembakaran pada acuran (fire grate) sehingga udara bahan bakar yang mengalir dari bawa dapur sekalian mendinginkan fire grate/rockster (kontruksi dapur) dan udara bahan bakar keluar diantara celah - celah fire grate/rockster dan masuk kedalam ruang bakar. Pusher (pengorek abu) ini menggunakan sistem kerja hidrolik dirancang sedemikian rupa untuk bergerak tepat di atas fire grate (diatas permukaan lantai pembakaran) dengan kecepatan tertentu dan sistem ini lebih modern dibandingkan dengan pusher korek secara manual yang memakan banyak tenaga dan membuang banyak waktu/tidak efisien.


b. Scraper
    Abu hasil pembakaran yang didorong kedepan oleh pusher kemudian akan jatuh dan ditampung oleh scraper yang kemudian abu tersebut akan dibawah keluar secara perlahan - lahan dan dibuang. Didalam scraper ini biasanya diisikan fluida (air dan oli) untuk mempermuda proses pembuang abu (abu lebih padat) dan oli berfungsi untuk mencegah korosi yang diakibatkan air ataupun gesekan dihasilkan scraper tersebut. Posisi scraper tepat berada dibawah dapur.

c. Air Preheater (Pemanas Udara Bahan Bakar)
    Umumnya pada pabrik kelapa sawit (PKS) untuk penggunaan air  preheater masih tidak banyak digunakan, fungsi dari alat ini adalah dengan memanfaatkan aliran flue gas yang berasal dari dapur yang kemudian dialirkan masuk ke ducting dan kemudian dialirkan ke air preheater yang dimana pada air preheater ini akan dilalui oleh udara bahan bakar yang dihembuskan dari blower melalui ducting - ducting. Pada proses kerjanya gesekan - gesekan (flue gas) yang terjadi pada permukaan pipa air preheater akan mengalami perpindahan panas (kalor) yang kemudian udara bahan bakar yang berada didalam pipa air preheater yang semula bertemperatur lingkungan akan menjadi lebih panas (temperaturnya disesuaikan dengan kebutuhan boiler) . Pemanasan ini berfungsi untuk memisahkan kandung air pada udara bahan bakar (H2O) dan H2) sehingga hasil dari pemanasan ini akan diperoleh oksigen (O2) sehingga nantinya proses pembakaran jauh lebih efisien dan nyala api pada ruang bakar jauh lebih baik.

d. Shell Elevator Bahan Bakar/Conveyor Bahan Bakar
    Umumnya penggunaan shell elevator bahan bakar ini tidak banyak ditemukan pada pabrik kelapa sawit (PKS) karena pada PKS lebih banyak menggunakan conveyor bahan bakar. Fungsi dari alat ini adalah untuk memindahkan bahan bakar sama dengan fungsi conveyor. Dan digunakan sebuat motoran untuk menggerakan poros dari shell elevator ataupun conveyor. Bentuk shell elevator bahan bakar berbentuk persegi panjang yang didalamnya berputar timbah - timbah dengan rantai yang berputar - putar mengikuti roda gigi dan berputar searah putaran jarum jam dengan kecepatan tertentu sedang conveyor berbentuk setengah lingkaran dengan panjang yang bervariasi dengan satu poros berbentuk seperti ulir dan berputar - putar searah jarum jam.
Gambar Shell Elevator Bahan Bakar
Gambar Conveyor Bahan Bakar

Demikian bagian - bagian accesories tambahan pada boiler dan masih banyak lagi bagian - bagian tambahan tersebut, bagian - bagian yang kita bahas hanya sebagian aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar