Sabtu, 08 April 2017

Komponen - Komponen Utama Boiler Pipa Air Pada PKS bagian 1


Bagian - Bagian Pada Boiler Pipa Air

Gambar Boiler Pipa Air



Demikian luasnya peranan dan kegunaan boiler, sehingga tanpa adanya boiler suatu pabrik atau industri tidak dapat beroperasi dengan sempurna. Namun dilihat dari segi negatifnya dan tidak mengikuti prosedur kerja dengan benar, maka dapat menimbulkan kecelakaan berupa ledakan yang dapat merusak bangunan, menelan korban jiwa manusia yang bekerja disekitar industry tersebut. Dan apabila boiler dioperasikan secara manual membuat operator boiler akan menemui hambatan-hambatan atau kesulitan-kesulitan didalam mengoperasikan boiler.
Agar boiler lebih muda dioperasikan dan lebih menjamin keselamatan serta mengurangi kemungkinan-kemungkinan dari bahaya yang dapat timbul maka dalam pengoperasian boiler digunakan sistem terharap control terhadap peralatan-peralatan boiler tersebut. Boiler (ketel uap) adalah sebuah bejana tekan yang memiliki sistem kerja untuk mengkonversikan fluida (air) menjadi uap basah (uap saturated) atau uap kering (uap superheater) melalui beberapa proses perpindahan kalor (panas) dengan menggunakan media perantara (benda yang memiliki nilai perpindahan panas yang bagus dalam melepas dan menyerap kalor). Pada proses kerjanya setelah terjadi perpindahan kalor pada pipa dengan air yang berada didalam pipa mengalami perbentuk dari air dan terkonversi menjadi uap. Uap yang dihasilkan tergantung dari temperatur yang dapat dihasilkan boiler atau tergantung dari design boiler dan disesuaikan dengan kebutuhan pabrik kelapa sawit (PKS), uap yang dihasilkan bisa didapat uap basah (uap saturated) dan uap kering (uap superheater). Bagi para pembaca yang ingin lebih banyak mengetahui prinsip kerja dari boiler silahkan clik pada Artikel Boiler Ini. Boiler terdiri dari beberapa bagian - bagian utama yaitu bagian pressure part dan bagian non pressure part diantaranya sebagai berikut :

1. Pressure Part
    Pada bagian ini merupakan bagian - bagian pada boiler yang mengalami tekanan kerja akibat dari perpindahan kalor antara air hingga menjadi uap. Adapun bagian - bagaian tersebut pressure part tersebut adalah :
a. Drum (Drum Atas dan Drum Bawah)
   Drum atas merupakan tempat masuknya air umpan boiler yang berasal dari water tank yang telah   mengalami pemurnian (water treatment) yang kemudian air tersebut masuk kedalam drum atas dan bersirkulasi mengisi pipa water tube, drum bawah, pipa header, pipa dwon comer secara terus menerus dan juga merupakan tempat berkumpulannya uap. Drum atas dan  drum bawa berbentuk seperti kapsul dengan banyak jumlah lubang - lubang pada bagian bawah (drum atas) dan lubang - lubang pada bagian atas (drum bawah). Diameter drum dan panjangnya bervariasi tergantung dari design boiler dan disesuaikan dengan kebutuhan PKS.
Gambar Drum Atas Boiler
Gambar Drum Bawah Boiler


b. Pipa Water  Tube
  Sebuah rangkain pipa - pipa yang terhubung antara drum atas dan drum bawah serta sebagai penyokong antara kedua drum yang kemudian rangkaian - rangkaian pipa tersebut dialirin air yang berasal dari drum atas dan turun kedrum bawah dan masuk ke pipa header - header serta mengalir secara alami keseluruh bagian pipa boiler lainnya. Nilai propertis material dan nilai penyerapan kalor serta melepas kalor dari pipa water tube disesuaikan dengan kebutuhan atau sesuai dengan design dari kebutuhan boiler.

c. Pipa Header (Side Header, Rear Header, Front Header)
    Berfungsi sebagai sirkulasi air boiler yang berasal dari water tube.


Gambar Header Boiler

d. Pipa dan Pipa Dwon Comer
    Merupakan sebagai penyokong dari drum atas ke header.
Gambar Pipa Down Comer Boiler

e. Pipa Superheater
    Merupakan pemanas lanjut uap basah (uap saturated) yang berasal dari drum atas yang rangkaian pipa dirancang sedemikian rupa dan dimasukan kedalam boiler yang posisinya berada diatas ruang bakar (furnace) dengan memanfaatkan flue gas untuk mengkonversi uap basah (uap saturated) menjadi uap kering (superheater).

Bagian - bagian pressure part diatas tersebut merupakan hanya sebagian diantaranya dan masik banyak bagian - bagian pada boiler yang mengalami tekanan kerja air ataupun uap.


2 komentar:

  1. Chemical Boiler
    Kegunaan
    - Mencegah Terjadinya Korosi Dan Karat Serta Kerak Air Pada Ketel
    - Menghilangkan Keasaman Air
    - Dapat Menahan Lumpur Air Sehingga Mudah Dicerat Waktu Pembuangan Air
    - Bereaksi Kimiawi Dengan Kesadahan Air Dalam Ketel Dengan Membentuk Lumpur Air

    Keuntungan
    - Bersifat Multi Fungsi Untuk Memelihara Air Ketel, Mudah Pemakaian Dan Pengontrolannya Dengan Test Kit Yang Sederhana
    - Dapat Mempertahankan Kapasitas Produksi Steam
    - Dapat Memperpanjang Umur Tekhnis Ketel, Terutama Pipa-Pipanya

    Boiler Water Treatment
    Corrosion Inhibitor
    Sulfite As Corrosion Inhibitor
    Amines As Corrosion Inhibitor
    Dispersant And Scale Inhibitor
    Combined Dispersant And Scale Inhibitor
    Sludge Dispersant And Scale Inhibitor
    Dispersant Based And Scale Inhibitor
    Scale Inhibitor
    Corrosion And Scale Inhibitor
    Kami Specialist Chemical Inovator For :
    * Boiler Water Treatment
    * Cooling Water Treatment
    * Microbiocide

    Produk istimewa dan sangat ampuh .
    Mengatasi Kerak air, Korosive, Oxygen, Scavenger dan Anti Lumut.

    Harga Competitive , dijamin Mutu.

    HUBUNGI :
    TOMMY.K
    (0813-1084-9918)



    BalasHapus