Selasa, 11 April 2017

Komponen - Komponen Utama Boiler Pipa Air Pada PKS bagian 2

Bagian - Bagian Pada Boiler Pipa Air
Gambar Boiler

2. Non Pressure part
    Merupakan bagian - bagian pada boiler yang tidak mengalami tekanan (pressure) kerja pada materialnya. Bagian - bagian tersebut diantaranya sebagai berikut :
a. Frame Boiler, Column dan Beam
    Merupakan rangkaian kontruksi besi beam H. besi UNP yang dirancang sedemikian rupa untuk menahan beban drum, menahan vibrasi (geteran) dan juga menahan beban dari kontruksi tersebut.




b. Frame Dust Collector
    Merupakan rangkaian kontruksi besi beam H. besi UNP untuk menyangga dan menahan bebean dari dust collector tersebut. Fungsi dari frame dust collector adalah untuk menyerap abu hasil dari proses pembakaran pada ruang bakar (furnace) dan menyaring abu - abu padat yang akan jatuh ke hopper dan masuk ke kotak abu, sedangkan abu ringan akan terbawa ke gas duct.

c. Casing Boiler dan Casing Dust Collector
    Berfungsi untuk menutup bagian - bagian kontruksi frame boiler atau pun frame dust collector.

d. Gang Way dan Hand Rail.
    Berfungsi sebagai tangga (jalan untuk kontrol boiler) yang akan digunakan oleh pekerja untuk memeriksa /kontrol pada bagian - bagian boiler yang dilakukan secara manual.
Gambar Casing, Gang Way, dan Hand Rail Boiler

e. Air Duct
    Berfungsi untuk menyemburkan/mensuplai udara bahan bakar dan juga untuk menyemburkan bahan bakar yang akan jatuh dari pendulum bahan bakar yang posisinya terletak pada spreader.

f. Gas Duct
   Berfungsi untuk mengisap abu hasil pembakaran yang terjadi pada ruang bakar (furnace) yang kemudian abu tersebut akan terbawa bersamaan dengan aliran flue gas dan masuk kedalam dust collector untuk disaring antara abu ringan dan abu berat (abu padat). Abu ringan akan terbawa masuk ke chimney sedangkan abu berat (abu padat) akan jatuh masuk ke dust collector dan masuk ke dalam kotak abu.

 g. Chimney
     Berfungsi untuk membuang abu ringan yang terbawa aliran flue gas  yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar (furnace) terisap oleh blower masuk ke gas duct, diarahkan ke dust collector dan terbuang ke chimney.
Gambar Chimney Boiler


h. Pendulum/Rotary Feeder
    Berfungsi untuk membagi bahan bakar yang masuk melalui shell elevator bahan bakar/conveyor bahan bakar dan kemudian masuk kedalam boiler (ruang bakar boiler/furnace)

i. Frame Dapur
   Merupakan kontruksi dapur yang materialnya terdiri dari beberapa material yang tahan terhadap temperatur tinggi (yang memiliki titik lebur material diatas temperatur pembakaran yang terjadi pada ruang bakar/furnace)
Gambar Frame Dapur Boiler

j. Blower
   Blower terdiri dari beberapa bentuk dan jenis serta kegunaan/fungsi yang berbeda - beda tergantung dari kebutuhan PKS. Pada umumnya fungsi blower untuk menghembuskan, mengisap, dan mengsuplai udara bahan bakar kedalam ruang bakar (furnace). Tekan blower dirancang dan diatur sesuai dengan kebutuhan PKS.
Gambar Blower Boiler

k. Panel
   Merupakan bagian kontrol utama pada boiler untuk mengkontrol seluruh bagian - bagian pada boiler. Pengontrolan ini lakukan secara elektrik dengan beberapa komponen - komponen elektrik yang akan dikontrol oleh operator boiler baik dalam mengawasi setiap jam perubahan yang terjadi pada boiler, baik itu berupa suplai bahan bakar, suplai udara bahan bakar, suplai air umpan, suplai steam yang dihasilkan, pompa, blower dan perubahan temperatur yang terjadi di dalam uap dan air dan lain - lainnya.
Gambar Panel Boiler

Tidak ada komentar:

Posting Komentar